ASSALAMUALAIKUM WR.WB

WELCOME, ENJOY THE BLOG

Wednesday 23 October 2013

(ter)ingat

Sekarang tanggal 23 Oktober 2013. Jadi inget tanggal 17 September 2013, sekitar satu bulan lebih berapa hari dikit,lah. Semua hal yang akhirnya harus selesai. Selesai secara formal, sih, tapi secara batin ngga. Ngga bakal mungkin kayanya.

Iya, KKN. Banyak orang yang neglect tentang KKN awalnya. Dulu ngurusin berkas-berkas pendaftaran KKN aja kaya ngurus pemberangkatan ke Zimbabwe, bakal ngeri dan nakutin, seolah di sana ngga bakal ketemu manusia. Eh, ujungnya, sepulang dari sana malah ada yang ketagihan buat KKN lagi. Banyak bahkan yang ngerasain hal yang sama.

2,5 bulan tinggal di tempat orang itu rasanya sesuatu banget, deh. Ketemu orang baru, suasana baru, udara pagi baru, lampu jalan baru, dan tempat ngeliat matahari terbit terus tenggelam yang baru. Bahkan temen satu kelompok juga orang-orang yang baru, yang ngga pernah ketemu sebelumnya—parahnya satu prodi dan sampingan kelas juga ngga pernah sekalipun ketemu,.

Awal sempet curiga. Banyak pertanyaan gitu tentang apa yang bakal terjadi. Tentang temen sekolompok sendiri, tentang program sendiri, dan semuanya. Tapi Tuhan berkata lain karena kata Dia kalau kita mau usaha pasti bisa. Emang butuh penyesuaian yang memakan waktu untuk paham diri kita satu sama lain kalo ternyata kita itu beda. Beda jauh. Sifatnya, kebiasaannya, pola pikirnya, pokoknya kita beda aja. Terlalu curam jalan yang mesti kita tempuh buat tau kalo kita punya tujuan yang sama di sana, yaitu mengabdi buat masyarakat.

Meskipun dilaluin dengan deraian air mata dan saling ngga tegor sapa, tapi akhirnya kita ngerti dan jadi bijaksana, kapan kiranya kalo kita harus ngomong yang penting-penting aja dan kapan kita harus jadi pengamat dan pendengar yang baik dan benar. Walau ujungnya tetep ada yang susah buat diajak baik, tapi untungnya yang lain masih bisa baik.

Merasa beruntung yang lain juga dianugrahin dari bertemunya kami dengan orang-orang sana yang baiknya se-antero jagad raya. Keluarga baru. cerita baru. Seenggaknya nanti kalo lebaran ada tempat mudik baru. Hehe. Aku ngga ngerti kenapa mereka bisa sebaik itu. Apa Tuhan menciptakan mereka udah kaya gitu? Ah, Tuhan pasti punya rencana lain. Tapi satu hal yang pasti, mereka begitu karena mereka memang benar-benar baik. Ngga ada tujuan lain. Ada kepercayaan dalam diri mereka—mungkin—kalo suatu saat mereka, atau mungkin anak mereka ntar bakal ada di posisi kami kemaren. Yang butuh banyak bantuan dan dukungan.

Seneng rasanya bisa dapet kesempatan buat ngerasain jadi pengajar. Mendidik dan dididik sama murid-murid di sana. Belajara sabar dan belajar mengerti pribadi unik masing-masing murid. Lucu, aneh, nyebelin, ngeselin, tapi ngangenin. Itu ya rasanya jadi guru. Di tiru, di andelin, dan bener-bener dijadiin panutan.

Terlalu banyak hal yang terjadi di sana, dari mulai balap-balapan karena takut gelap di belakang. Nembus hutan karet pas adzan maghrib berkumandang. Kebut-kebutan di malem hari demi ke Indomaret. Naik-turun tangga setiap harinya. Makan ikan bareng, walaupun ada satu orang yang ngga suka. Capek bareng, walau tetep aja ada yang ngga capek. Panas-panasan. Ah, terlalu banyak hal yang udah kejadian. Lantas, aku mau bilang ngga kangen itu semua? Mustahil. Mustahilnya pake banget malahan. Terlalu memorable buat dilupain gitu aja.

Jujur, kalo disuruh ngulangin pasti bakal mau banget. Yang penting ngga usah ngurus laporan aja, deh, kayanya, karena itu ribet banget. Terus bisa milih siapa aja yang bisa ikutan lagi ke sana. Hehe. Bisa ngerasain lagi tempat yang baru tapi seru itu.

Dari sana, aku sadar banyak hal, kalo ngajar itu mesti ikhlas. Menolong itu tanpa pamrih. Punya kata-kata yang harus dijaga. Jadi orang itu harus peka. Bijak kalo mikir. Dan terkahir, dan yang paling penting, ngga semua orang bisa diakrabin. Termasuk..ah, udahlah, anggep ngga ada aja.

Tuhan pasti punya rencana buat ngasih kesempatan kami untuk ngerasain itu semua. Seenggaknya kami punya keluarga baru. Tempat baru buat kami “pulang”. Makasih, Tuhan. Aku tau setelahnya aku punya banyak hal yang baru, temen, keluarga, cerita, pengalaman, dan cinta baru. Hatiku terpaut dalam dan sulit aku elakkan. Terlalu lekat diri ini hingga selalu terkenang. Terimakasih teman-teman. Terimakasih warga Indraloka II. Terimaksih warga SMP Negeri 2 Way Kenanga. Beruntung banget bisa ngebuat kalian jadi salah satu bagian dari kenangan hidup saya.

This note is deliberately under soundtrack of Yiruma – Kiss the Rain. Fortunately, it’s raining now. How I really blessed and pride to be one of the histories of changing.

No comments:

Post a Comment